Solusi Buat Kamu Yang Susah Menahan Kantuk








Mengantuk.. tentu kalian semua pernah mengalami hal tersebut. Entah itu saat di rumah, di kelas saat pembelajaran berlangsung, atau bahkan mungkin saat di tempat umum. Memang, kantuk tak pandang tempat dan waktu. Kapanpun dan dimanapun jika sudah merasakan ngantuk pasti rasanya ingin untuk tidur. Dan ngantuk itu memang susah sekali untuk ditahan. Apalagi jika semalaman kita sudah begadang, tidur sampai larut malam untuk mengerjakan sebuah tugas, sampai lupa waktu. Lalu keesokan harinya kita merasakan kantuk karena kita kurang istirahat atau tidur. Hal tersebut pastinya akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari..  jika terjadi secara terus menerus. Mengingat kita sebagai seorang mahasiswa yang dituntut untuk selalu aktif dalam segala bidang.
Baik.. disini saya akan memberikan tips buat kalian yang sering merasakan ngantuk dan susah untuk mengatasinya.

Biasakan Pola Tidur Yang Baik
Normalnya pada remaja dan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 6-8 jam dalam sehari. Mengantuk juga disebabkan karena pola tidur yang kurang efektif, dan juga karena salah jadwal tidur. Tubuh kita, karena pengaruh hormon, ada pakemnya kapan harus tidur, kapan harus bekerja atau belajar. Jika menyalahi pakem atau aturan maka tubuh akan protes. Idealnya tidur adalah pada malam hari dan sekitar tengah hari yakni tidur siang.

Rajin Berolahraga
Jika seseorang kurang olahraga, peredaran darah tidak stabil, sehingga oksigen ke otak tidak mencukupi. Sehingga menyebakan kita mudah sekali mengantuk. Idealnya olahraga dalam seminggu 3x30 menit. Atau minimal sekali dalam seminggu.

Pola Makan Yang Teratur Dan Bergizi
Pada orang yang lapar, kadar glukosa dalam darah kurang, sehingga otak kita protes dengan menunjukan gejala mengantuk. Sementara jika kekenyangan, juga bisa menyebabkan mengantuk karena peredaran darah banyak tersita bekerja di pencernaan sehingga peredaran darah ke otak agak berkurang. Pastikan juga konsumsi cukup daging, ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Agar cukup zat besi dan tidak terkena anemia dengan gejala mudah mengantuk.

Cermat Mengkonsumsi Obat
Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan kita mudah sekali mengantuk. Pastikan kita meminum obat berdasarkan aturan pakai atau petunjuk dokter, supaya kita tidak salah dalam penggunaan.

Jika keluhan sekiranya masih dirasakan, sebaiknya kalian pergi ke dokter agar diperiksa lebih menyeluruh, dan dapat diketahui apa penyebabnya. Demikian sedikit tips dari saya mengenai bagaimana agar kita tidak mudah mengantuk. Terimakasih.. semoga dapat bermanfaat : )

3 Comments

  1. makasih mba endah solusinya hehehe :D

    ReplyDelete
  2. okey... tapi ini masih banyak yg harus di kembangkan diayu ;)

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete