1001 Manfaat Bawang Merah, Yang Belum Kalian Ketahui



 
Bawang merah yang mungkin banyak orang yang mengenalnya hanya sebagai bumbu masakan yang biasa terdapat di dapur saja, ternyata bisa memberikan anda maanfaat dan khasiat terlebih dalam bidang kesehatan. Sebagai bumbu dapur, bawang merah bukanlah hal yang asing lagi, tetapi sebagai bahan obat mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya.
            Manfaat Bawang Merah sendiri bisa kita dapatkan, karena memang Bawang Merah menyimpan banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat, seperti halnya zat pengatur tubuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Selain itu kandungan gizi Bawang Merah yaitu vitamin C, kalium, serat dan asam folat. Lalu bawang merah juga mengandung zat besi dan kalsium. Kegunaan bawang merah lainnya yaitu sebagai obat tradisional, Bawang Merah dikenal sebagai obat yang mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa ini diproses oleh enzim allinase menjadi anti mikroba yang bersifat bakterisida. Semua kandungan tersebut memberikan manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat lain dari bawang merah adalah sebagai berikut:

            Mengkontrol Kadar Kolesterol
            Bawang merupakan jenis obat herbal yang dapat mengkontrol kolesterol, dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bawang Merah juga mengandung sulfida methylaly serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

            Mencagah Pertumbuhan Sel Kanker
            Kandungan senyawa belerang yang terkandung dalam bawang merah ini dapat melindungi tubuh dari sel kanker seperti kanker payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Mengkonsumsi bawang merah juga dapat membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih. 

            Sebagai Bahan Aromatik
            Bawang merah merupakan pengganti dari aromaniak yang memiliki aroma, bau yang menusuk kedalam hidung, dan merangsang darah, fungsi pernafasan, dan juga fungsi saraf. Maka dia dapat membantu dalam pertolongan pertama pada orang yang pingsan.

            Sebenarnya manfaat bawang merah bagi kesehatan diatas barulah sebagian. Manfaat bawang merah lainnya masih bisa kalian temukan. Seperti meredakan sakit perut, melancarkan peredaran darah sehingga tidak mengakibatkan penggumpalan darah sehingga tidak berefek pada jantung, mengencerkan dahak, pembunuh bakteri, menyembuhkan radang paru-paru, mencegah terserang penyakit TBC, membunuh kuman di mulut, mengobati jerawat dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari bawang merah tersebut.

0 Comment "1001 Manfaat Bawang Merah, Yang Belum Kalian Ketahui"

Post a Comment