A. Pengertian Supply Chain Management
Supply Chain Management (SCM) adalah integrasi beberapa kunci proses bisnis dari end user hingga
para pemasok yang menyediakan produk, jasa, dan informasi yang menjadi nilai
tambah untuk para pelanggan dan stakeholder (Douglas
M. Lambert et el).
Atau dissebut juga, Supply Chain Management adalah adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan
suatu produk ke tangan
pemakai akhir.
Dalam
kegunaannya SCM yakni bagaimana ia mampu me-manage aliran barang atau produk dalam
suatu rantai supply. Dengan kata lain, model SCM mengaplikasikan bagaimana
suatu jaringan kegiatan produksi dan distribusi dari suatu perusahaan dapat bekerja
bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
B.
Latar
Belakang Supply Chain Management
1. Praktek manajemen logistik tradisional yang bersifat adversarial
pada era modern ini sudah tidak relevan lagi, karena tidak dapat menciptakan
keunggulan kompetitif
2. Perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat dengan persaingan yang
semakin ketat
C.
Tujuan dari SCM
1.
Penyerahan / pengiriman produk secara tepat waktu demi
memuaskan konsumen
2.
Mengurangi biaya pengerjaan
3.
Meningkatkan segala hasil dari seluruh supply chain
management (bukan hanya satu perusahaan)
4.
Mengurangi waktu pembuatan
5.
Memusatkan kegiatan perencanaan dan distribusi
D. Proses Kunci SCM
1. Customer relationship management
2. Customer service management
3. Demand management
4. Order fulfillment
5. Manufacturing flow management
6. Procurement
7. Product development and commercialization
8. Returns
Dalam delapan kunci diatas akan tercipta
suatu aliran dan suatu integrasi dan suatu manajemen bisnis.
Sumber: Douglas M. Lambert, Martha C. Cooper, dan Janus D. Pagh,
”Supply Chain Management: Implementation Issues and Research Opportunities, ”The International Journal of Logistics Management 9, no. 2 (1998), hal. 2.
E.
Contoh dari SCM
Contoh Supply Chain Management untuk pembuatan sereal
jagung (jenis makanan untuk sarapan) yaitu sebagai berikut :
1. Petani jagung
Proses dimulai dari pemilihan bibit jagung, penebaran, penanaman,
pemeliharaan, dan pemanenan jagung, dan diakhiri dengan penjualan hasil panen
ke pabrik pembuatan sereal.
2. Pabrik dalam pembuatan sereal jagung
Proses dimulai dari pembersihan biji jagung yang diterima dari petani,
pemanggangan menjadi sereal, pengepakan (packaging), penyimpanan di gudang
untuk distribusi ke supermarket/ toko (retail), pengiriman (transportasi) ke
supermarket/ toko.
3.
Proses penjualan dimulai dari penyimpanan di rak-rak
di supermarket,
penjualan ke
pembeli (customer) dan pada akhirnya di konsumsi oleh pembeli. Produk yang
tidak terjual akhirnya akan dimusnahkan pada saat produk telah mencapai masa expaied (kadaluarsa).
F. Manfaat Supply Chain Management
Kepuasan pelanggan,
meningkatkan pendapatan, menurunnya biaya, pemanfaatan asset yang semakin
tinggi, peningkatan laba, dan perusahaan semakin besar. (Jebarus, 2001)
1.
Kepuasan pelanggan.
Konsumen atau pengguna
produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi setiap produk yang
dihasilkan perusahaan. Konsumen atau pengguna yang dimaksud dalam konteks ini
tentunya konsumen yang setia dalam jangka waktu yang sangat lama (panjang).
Untuk menjadikan konsumen setia, maka terlebih dahulu konsumen harus puas dengan
pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
2.
Meningkatkan
pendapatan.
Semakin banyak
konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan berarti akan turut pula meningkatkan
pendapatan perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan perusahaan tidak
akan ‘terbuang’ percuma, karena diminati konsumen. Dan dari pihak perusahaan
sendiri pun juga akan mendapat untung dari meningkatnya produk yang terjual.
3.
Menurunnya biaya.
Pengintegrasian aliran
produk dari perusahan kepada konsumen/pengguna akhir berarti pula mengurangi biaya-biaya
pada jalur distribusi.
4.
Pemanfaatan asset
semakin tinggi.
Aset terutama faktor manusia
akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi pengetahuan maupun
keterampilan. Tenaga manusia akan mampu memberdayakan penggunaan teknologi
tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan SCM.
5.
Peningkatan laba.
Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen
yang setia dan menjadi pengguna produk, pada gilirannya akan meningkatkan laba
perusahaan.
Kalo kamu pengen tahu soal info kuliner, traveling, dan berbagai info menarik lainnya yang lagi ngetrend sekarang ini. Bisa juga lihat disini .
Atau mungkin kamu pengen tahu lebih soal Kota Solo? klik disini
Semoga Bermanfaat :)
Kalo kamu pengen tahu soal info kuliner, traveling, dan berbagai info menarik lainnya yang lagi ngetrend sekarang ini. Bisa juga lihat disini .
Atau mungkin kamu pengen tahu lebih soal Kota Solo? klik disini
Semoga Bermanfaat :)
g supply chain management certification makes you an expert in learning advanced tools and resources which you can make use of and implement in your present job. For suppose, if you are competing for a higher role within your company, Supply Chain Management Diploma
ReplyDelete
ReplyDeletesalam kenal, luarbaisa sekali penjelanasan gambar nya
Rak Gudang PT Aku Sayang Indonesia Ku
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com