Cerita Yang Panjang



 

Malam berganti malam... saat itu lah aku meluapkan segalanya yg telah terjadi pada hari itu. Entah, kenapa harus malam aku meluapkannya. Mungkin karena waktu itu aku bisa merasa leluasa untuk menulis, ditambah suara heningnya malam yg kala itu semua orang sedang istirahat. Dan tak ada satu pun yg bisa mengganggu. Walau badan ini sudah lelah, karena sudah beraktivitas seharian penuh (kuliah & bekerja).

Tak apa, itu sudah menjadi kebiasaanku. Dimana aku merasa tenang jika aku menulis apa saja yg telah terjadi seharian kala itu.

Seperti hari ini, hari yg melelahkan bagiku. Seusai kuliah pukul 15.30 harus langsung menuju tempat kerja, karena saat itu ada pesanan 30 orang. Memang, itu hal sudah biasa... hanya melayani 30 orang saja. Bahkan terkadang lebih dari itu. Namun entah kenapa hari ini menjadi hari yg sangat melelahkan. Mungkin karena sudah seharian kuliah lalu langsung bekerja. Tapi tidak juga, hari ini aku hanya ada satu mata kuliah saja, itupun hanya dari pukul 13.15 – 15.30.

Akupun juga masih bingung kenapa hari ini aku sangat lelah.. mungkin karena pesanan kali ini permintaannya ribet-ribet. Ya.. mungkin karena itu. Memang hanya melayani 30 orang saja, tapi.. (fiyuuh) permintaan-permintaannya membuatku sangat kerepotan. Minta ini lah, minta itulah... sedang aku hanya melayani sendirian (Atin, Bu Maya dan Bu Erma di dalam dapur) dan tanganku pun juga hanya dua, harus melayani segitu banyaknya orang. Belum ditambah aku harus menggarap pesanan orang lain yg memesan menu sendiri.. atau belum juga aku harus menerima komplenan-komplenan dari beberapa orang yg merasa tidak puas dengan dengan menunnya. Itu membuatku tambah kacau balau..

Dan ditambah hari ini adalah hari jumat, harus menyiapkan masakan untuk anak-anak yatim panti asuhan. Belum juga harus membersihkan semua perabotan-perabotan yg kotor (piring, gelas, panci dan lain sebagainya). Itu sudah hal yg biasa saat ada pesanan, harus mencuci semuanya.

Saat pukul 9 malam, saat itulah waktunya untuk tutup.. membersihkan dan membereskan semua alat-alat dan perabotan yg ada. Memanasi, mengelap, menyapu, mengepel, dan terakhir mencuci. Jika semua itu sudah selesai, barulah kita membungkus makanan, nasi lauk pau yg ada. Untuk dibawa pulang dan dimakan untuk keesokan harinya untuk sarapan. Ya.. untuk sarapan. Tak jarang, bahkan sering (hampir setiap hari) kita membungkus makanan untuk keesokan harinnya. Karena memang saat itu banyak sekali makanan yg sayang untuk tidak dibawa pulang. Maka dari itu kita sering membawanya. Disisi lain pula, kita (aku dan Atin) juga berusaha untuk menghemat uang agar tidak membeli sarapan lagi.

Saat waktu pulang menuju jalan pulang, kita berdua hanya bisa berjalan kaki, menggendong tas masing-masing yg berisi makanan, sampai tas terlihat besar dan penuh. Terutama aku, yg pada waktu itu membawa tas ransel.. yg bercampur menjadi satu dengan kebutuhan kuliah. Ya.. harus berisi laptop, buku dan lain-lain. Di tambah lagi makan yg aku bawa. Karena tak jarang, aku harus langsung kerja seusai kuliah. Jadi kadang tk sempat untuk pulang ke kos lalu ganti tas.

Seperti hari ini yg kurasakan, harus pulang menggendong tas yg berat dan besar, yg berisi laptop dan aneka perlatan kuliah lainnya. Sunnguh itu kadang membuatku pegal, dan merasa terbebani. Karena harus berjalan kaki sejauh itu, dengan beban yg tidak ringan. Belum juga saat jika sedang hujan, harus cepat-cepat jalan agar tidak kebasahan.

Dan disepanjang perjalanan pulang, tak jarang pula kita saling bercerita atau bercanda ria. Sambil menikmati makanan atau minuman yg kala itu memang ada makan yg tersisa. Tapi.. juga sempat sekali dua kali kita saling diam-diaman karena ada suatu masalah. Yg membuat kita harus diam, tak bicara. Ya.. memang tak selau kita baikan, kadang kita juga pernah bermarahan. Entah karena itu masalah yg serius atau yg ringan.

Sesampai di kos... masih harus beres-beres dengan barang-barang bawaan. Lalu membersihkan diri, entah itu hanya sikat gigi dan cuci muka saja, atau jika tidak mandi ( itupun kalau mau dan posisi mendesak saja :D) seperti malam ini. Harus mandi karena suasana yg gerah, yg membuatku tidak betah untuk beraktifitas.

Jika memang masih mau, membuka laptop lalu mengerjakan tugas kuliah yg ada. Atau tidak membuka laptop karena hanya iseng-iseng aja pengen buka. Ya seperti saat ini, buka laptop karena memang pengen buka, untuk sekedar menulis apa yg ingin ditulis. Sambil makan atau minum, makanan atau minuman yg ada (itu kalau ada, kalo gak ya engga :D)

Hal lain yg kulakukan jika tidak ingin membuka laptop, ya.. bercerita. Bercerita dengan Vina, atau tidak dengan yg lain (Siska, Risna, Mbak Ndari). Yang memang sering ku jadikan teman untuk bercerita ya Si Vina, karena memang dialah orang yg paling dekat denganku saat di kos. Tentu saja paling dekat, karena dia teman sekamar ku :D

Entah bercerita soal organisasi (LDK IMMI), kelas (MI B), atau yg lain. Tapi, yg sering kita bicarakan pada saat itu kebanyakan adalah soal IMMI. Karena memang kita lebih fokus atau lebih banyak berurusan dengan organisasi itu. Apalagi saat ada kegiatan yg akan diselenggarakan dimana kita disitu menjadi panitia.

IMMI (Ikatan Mahasiswa Muslim Indonusa) itu adalah organisasi yg sudah sangat dekat denganku. Yang mungkin sudah ku anggap sebagai keluarga sendiri, tak hanya organisasi kampus semata, yg mana aku harus aktif di kampus. Dimana disitu aku bertemu orang-orang yg luar biasa, yang baik dan mengerti mengenai apa itu kebersamaan. Ya..memang. Di IMMI-lah aku mendapatkan arti sebuah saudara (sesama muslim). Dan aku telah bersyukur memiliki mereka semua :)
 



***

Ya.. begitulah. Begitulah serangkaian kegiatan yg sering aku lakukan selama ini. Terlebih selama hampir satu tahun ini. Semenjak aku berkerja (di RM.Gulai Kepala Ikan Pak Untung). Aku tak menyaka bahwa semua itu akan terjadi kepadaku, di usiaku yg sudah lebih dari 19 th ini. Merasakan pahit manisnya sebuah kehidupan. Disaat aku harus berjuang sendiri disini, yg jauh dari orang tua. Menjalankan kewajibannya mencari ilmu, agar kelak menjadi orang yg sukses, yg lebih baik lagi.

Itu memang menjadi hal yg lumrah bagi seorang anak, apalagi dengan kondisi keluarga yg sangat pas-pasan, seperti aku. Harus berjuang untuk bisa mendapatkan kehidupan yg lebih mapan. Walau memang itu tidak mudah untuk dijalankan... butuh waktu dan proses menuju hal itu. Butuh perjuangan yg extra, yg sangat menguras tenaga.

Dan aku menyadarinya. Terlebih saat ini, aku harus kuliah dan bekerja. Kuliah demi mendapatkan pendidikan yg lebih tinggi, mendapatkan ilmu yg kelak bisa berguna bagi orang lain. Dan bekerja demi mencari rezeki untuk kehidupanku selama di tempat ini (menjadi anak rantau yg harus mandiri). Walau sebenarnya itu belum menjadi kewajibanku untuk mencari uang. Namun bagaimana lagi, itu harus aku jalani demi meringankan beban mereka (beban kedua orang tuaku).

Aku disini tak mau menyerah begitu saja, aku harus kuat. Jangan mudah sedih atau mengeluh. Aku harus jadi orang yg tahan banting akan kerasnya kehidupan ini. Jangan sampai kamu mundur ditengah jalan. Apapun itu harus kamu jalani, sesusah apapun itu dan seberat apapun itu. Akan ada hasil atas apa yg kita lakukan dan kita usahakan, yg menjadi cita-cita kita selama ini. Percayalah, bahwa Allah tidak tidur. Dia tahu akan bagaiman kondisi hamba-Nya. Dan Allah juga sudah menyiapkan yg terbaik untuk kita kelak, untuk masa depan kita nantinya, semoga.. Aamiin :)

4 Comments

  1. Halo semua, apakah Anda membutuhkan layanan peretasan?
    Kemudian menghubungi >>> NOBLEHACKER284@GMAIL.COM untuk layanan hacking yang terbaik.
    Jadilah memperingatkan, sebagian besar disebut hacker penipu,
    Aku tahu bagaimana sebenarnya hacker bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri sedemikian sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit.
    Saya telah scammed berkali-kali putus asa mencoba untuk menemukan bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya,
    akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera,
    mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
    -Sales kartu ATM kosong.
    -hack ke akun email dan melacak lokasi email
    -semua akun media sosial,
    Database -sekolah untuk menghapus atau mengubah nilai,
    -Retrieval dari kehilangan file / dokumen
    -DUIs
    catatan-perusahaan dan sistem,
    account -Bank, rekening Paypal
    kartu -Credit hack
    -Credit skor hack
    -Monitor telepon dan alamat email
    Alamat IP -hack
    + Tekan ke panggilan siapa pun dan memantau percakapan mereka
    >>>> KONTAK >> NOBLEHACKER284@GMAIL.com
             **CATATAN**
    Mereka juga dapat mengajarkan cara untuk melakukan hal berikut dengan ada E-Book dan tutorial online
    * Apakah pasangan Anda kecurangan pada Anda? mereka dapat mengajarkan cara untuk
    - TAP KE PANGGILAN MEREKA DAN MONITOR PERCAKAPAN MEREKA
    * Email dan pesan teks intersepsi,
    * Hack dan menggunakan Kartu Kredit untuk berbelanja online,
    * Memantau telepon dan alamat email,
    * Hack Android dan iPhone Anda sendiri, dengan tanggapan langsung dan manfaat diskon referal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello everyone, Do you need hacking services? . please contact CYBERDEMONHACKER432 AT GMAIL DOT COM

      Be warned, most of these hackers called here are imposters, I know how real hackers work, they never advertise in such a gullible way and they are always discreet. I was tricked so many times out of desperation trying to find urgent help to change my grades from school, finally my friend introduced me to a group of trusted hackers who work with discretion and delivery promptly, they do all sorts of hacking that vary;

      +Database Hacking,
      +Spying and monitoring of any device
      +School grade hack,
      +Company records and systems,
      +Bank Account Hacks,
      +Clearing of Criminal records of diverse types,
      +VPN Software,
      +Monitoring of GPS locations,
      +Bank transfer, Western Union, Money Gram, Credit Card transfer,
      +Bank Account Hacks,
      +Credit score increase
      +University Grades Hack,
      +Any social media platform hack,
      +Retrieval of lost documents
      +Facebook Hacking Tricks,
      +Email hack: Gmail, AOL, Yahoomail, Proton-mail etc,
      +Mobile phone (call and text message Hacking are available also)
      +ATM hack,
      +Retrieval of lost documents, etc..

      Delete
  2. Cepat kaya Miliki BLANK ATM CARD dan Anda bisa
    bisa menarik uang sampai $ 100.000 dimanapun
    Di dalam dunia. KARTU ATM BLANK ini memiliki beberapa perangkat lunak
    paket diprogram di dalamnya yang memungkinkannya ada
    akses ke ATM manapun di dunia tidak masalah
    paket keamanan dan juga memungkinkan
    untuk menarik sejumlah uang tergantung perangkat lunaknya
    kategori yang dimiliki KARTU. KARTU ini juga memiliki akses terhadap debit
    Perusahaan sektor publik Eropa mencapai 45% dari total akun mereka
    keseimbangan. Bila Anda mengajukan permohonan untuk mendapatkan KARTU ini, itu akan ditempatkan
    pengiriman ke Anda menggunakan FedEx dan dalam 7 hari Anda akan mendapatkan kartu Anda
    dimanapun di dunia.
    Ini sangat nyata dan prosesnya sangat mudah.
    Berikut adalah daftar harga untuk KARTU ATM
    NERACA: HARGA
    10.000: $ 500
    20.000: $ 700
    35.000: $ 1200
    50.000: $ 2000
    100.000: $ 3500.
    Email: -onlineblankatm@gmail.com untuk mendaftar Anda juga dapat menambahkan kami di WhatsApp 'dengan nomor ini +2348104857337
    untuk kartu ini
    SALAM HORMAT

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete